Struktur dan Referensi Belajar Bahasa Pemrograman Arduino

Arduino

Struktur Program Arduino

Robonesia.com | Sahabat Robonesia, perlu diketahui dan pahami, bahwa struktur program Arduino secara default, terdiri atas dua blok program, yaitu blok program setup dan blok program loop.

Gambar 1. Struktur program Arduino

Blok program setup adalah blok program sebagai tempat kita (programmer) menuliskan pengaturan (setup/setting) fitur Arduino yang akan digunakan dalam sebuah proyek embedded systems. Sedangkan blok program loop adalah blok program yang kita gunakan untuk menuliskan statemen-statemen program utama sebuah proyek embedded systems yang kita bangun.

Catatan penting: Keberadaan kedua blok program tersebut harus ada atau harus dituliskan dalam sebuah program Arduino, jika tidak ada salah satu atau keduanya, maka program Arduino tidak akan dapat dikompilasi (Program akan menampilkan notifikasi error).

Referensi Belajar Pemrograman Arduino

Bagi sahabat Robonesia yang masih pemula menggunakan board Arduino dan pemrogramannya, maka pada website resmi Arduino ada halaman khusus yang menjelaskan mengenai instruksi-instruksi yang digunakan dalam pemrograman Arduino. Nah, sahabat sekalian dapat mengunjungi halaman website tersebut sebagai referensi materi belajar pemrograman Arduino, berikut adalah link halaman “Language Reference” di website resmi Arduino, https://www.arduino.cc/reference/en/ 

Gambar 2. Halaman “Language Reference” di website resmi Arduino

Untuk mendapatkan tutorial mengenai struktur dan referensi belajar pemrograman Arduino secara lebih jelas, mari kita simak video berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *