Arduino Board dan Arduino IDE

Arduino

Robonesia.com | Berbicara tentang Arduino, maka kita akan membahas mengenai dua hal, yaitu Arduino board (Hardware) dan Arduino IDE (Software). Berikut adalah pengenalan mengenai Arduino board dan software Arduino IDE.

Arduino Board

Produk Arduino board memiliki beberapa kategori, namun saat artikel ini ditulis (Desember 2023), kategorinya sudah mengalami perampingan yang cukup signifikan, yaitu kategori 1) Kits; 2) Nano Family; 3) MKR Family; 4) Classic Family; 6) Mega Family; dan 5) Retired.

Untuk memperoleh informasi produk-produk Arduino board selengkapnya, silakan mengunjungi halaman website resmi Arduino berikut ini https://www.arduino.cc/en/hardware.

1. Kategori Kits

Gambar 1. Arduino board – Kategori Kits

(Sumber: https://www.arduino.cc/en/hardware#kits, diakses 25-12-2023)

2. Kategori Nano Family

Gambar 2. Arduino board – Kategori Nano Family

(Sumberhttps://www.arduino.cc/en/hardware#nano-family, diakses 25-12-2023)

3. Kategori MKR Family

Gambar 3. Arduino board – Kategori MKR Family

(Sumber: https://www.arduino.cc/en/hardware#mkr-family, diakses 25-12-2023)

4. Kategori Classic Family

Gambar 4. Arduino board – Kategori Classic Family

(Sumber: https://www.arduino.cc/en/hardware#classic-family, diakses 25-12-2023)

5. Kategori Mega Family

Gambar 5. Arduino board – Kategori Mega Family

(Sumber: https://www.arduino.cc/en/hardware#mega-family, diakses 25-12-2023)

6. Kategori Retired

Kategori “Retired” memiliki jumlah paling banyak jika dibandingkan dengan kategori yang lain. Kategori “Retired” adalah produk Arduino board yang sepertinya sudah tidak diproduksi lagi alias sudah pensiun, akan tetapi Arduino board yang pensiun tersebut digantikan dengan Arduino board dengan fitur yang lebih baik dan mengikuti perkembangan teknologi embedded system saat ini, yaitu seperti Arduino board yang ada pada kategori Nano Family, MKR Family, dan Classic Family. Arduino board kategori retired dapat diakses pada link berikut: https://www.arduino.cc/en/hardware#retired

Arduino IDE

Arduino IDE adalah software yang dibuat untuk mendukung pengguna Arduino board dalam melakukan konfigurasi fitur dan fungsi yang dimiliki oleh suatu Arduino board. Di dalam Arduino IDE telah terintegrasi fitur-fitur yang mendukung kerja pembuatan desain firmware chip mikrokontroler yang tertanam pada Arduino board, yaitu program editor, compiler, program uploader, dan juga fitur bermanfaat yang lain. Software Arduino IDE ini bersifat open source, sehingga kita dapat menggunakannya secara free (Gratis). Berikut adalah link untuk mengunduh file installer software Arduino IDE, https://www.arduino.cc/en/software. Saat artikel ini dibuat (Desember 2022), software Arduino IDE telah di-release hingga versi yang ke 2.2.1.

Gambar 5. Halaman pengunduhan software Arduino IDE (diakses 25-12-2023)

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Arduino board dan cara download juga install software Arduino IDE, mari kita simak video berikut ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *